SEO, Tips

5 Cara Memilih Domain SEO untuk Kelancaran Bisnis Anda

memilih domain

5 Cara Memilih Domain SEO untuk Kelancaran Bisnis Anda  – Salah satu aspek penting yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis dan mengembangkannya di dunia digital yakni pelebaran sayap melalui SEO. Search Engine Optimization merupakan salah satu rangkaian proses dalam dunia digital yang akan mengoptimasi website Anda agar lebih tertarget. Hal ini memegang peranan penting untuk ‘menemukan ikan’ dalam kolam bisnis Anda.

Salah satu unsur pembentuk SEO ini adalah domain atau ‘rumah’ yang akan menjadi alamat website yang dioptimasi. Bagi para pengusaha kecil dan menengah, memilih nama domain yang diinginkan tentu bukan hal yang mudah. pasalnya, setiap website hanya tersedia 1 akun saja, tidak boleh dan tidak bisa sama dengan website lainnya. Oleh karenanya, pemilihan nama domain menjadi hal penting bagi para pelaku usaha. Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara untuk memilih nama domain bagi bisnis Anda agar semakin dikenal.

Gunakanlah Nama Domain sebagai Branding Diri

Sebuah nama domain bisa dibuat sebagai alat branding. Dalam artian, domain yang digunakan sekaligus menjadi citra diri dan merek yang sedang Anda gunakan. Membuat sebuah domain sebaiknya menggunakan nama yang mudah diingat dan memberikan gambaran global bisnis Anda. Misalkan Anda berjualan daster, maka pilihan nama domain seperti Griya Daster, Homie Dress, Gerai Batik dan sejenisnya akan menjadi branding diri yang memudahkan pencarian.

Gunakan Nama Domain yang Pendek, Unik, dan Mudah Diingat

Salah satu cara memilih domain SEO yang baik yakni penggunaan nama yang cukup singkat, tidak biasa, dan tidak mudah dilupakan. setidaknya, gunakan minimal 3 huruf dan maksimal 63 karakter agar mesin pencari lebih mudah melakukan deteksi pada website Anda. Bisa gunakan nama anak atau karakter yang mengerucutkan pada produk yang ditawarkan untuk membuat alamat yang berbeda dengan website lainnya.

Gunakan Domain yang Bisa Dijadikan Pelindung Merek Dagang

Domain adalah gerbang utama untuk langkah bisnis Anda bisa dikenal lebih luas. Domain adalah identitas yang menjadi pintu pembuka bagi para calon customer yang akan membeli dan menggunakan produk milik Anda. Oleh karenanya, domain harus bisa dijadikan sebagai pelindung merek, sehingga Anda bisa melakukan klaim dengan jelas jika ada penyalahgunaan kejahatan yang mengatasnamakan produk atau jasa Anda.

Melakukan Pemeriksaan Ketersediaan Domain di Sosial Media

Sosial media adalah jembatan penghubung yang akan membawa para pelanggan ke website Anda. Dari sosial media ini, Anda bisa menggunakan cara memilih domain SEO yang masih bisa digunakan dan menjadi ciri khas toko atau usaha Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih leluasa mengiklankan diri sebagai sebuah usaha jasa atau produk yang profesional dengan nama branding yang paten.

Gunakan Domain Sebagai Merek Pribadi

Menggunakan domain sebagai langkah awal membangun merek pribadi Anda adalah tindakan yang sah dan tidak merugikan siapapun. Justru langkah ini menjadi sebuah pondasi yang akan semakin mengakar pada karakter diri dan produk Anda agar semakin dikenal oleh masyarakat. Kekuatan branding akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon buyer. Oleh karenanya, cermatlah dalam memilih nama domain agar semakin banyak menjaring rekan baru ke situs dan website Anda.

Berbagai cara memilih domain SEO di atas bisa langsung dipraktikkan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa dan bisa beradaptasi dengan algoritma digital yang terjadi baik di media sosial maupun website. Alah bisa karena biasa. Oleh karenanya, Anda bisa belajar sekaligus praktik secara langsung dan melihat grafik perkembangannya secara berkala untuk dievaluasi.

Baca Juga: Teknik SEO Berkualitas yang Menunjang Pemasaran Online