INFORMASI, TEKNOLOGI

Hidroponik Wujud dari Teknologi Pertanian Jepang yang Sangat Mengagumkan

Hidroponik wujud dari teknologi pertanian Jepang yang sangat mengagumkan. Perkembangan teknologi yang dari tahun ke tahun semakin pesat kesempatan negara Jepang menciptakan hal baru dalam bidang pertanian. Negara maju sudah menjadi cerminan dari berbagai dunia bidang teknologi terutama pada pertaniannya. Tidak hanya dengan menciptakan robot ataupun hal – hal yang berkaitan dengan mesin tetapi juga bidang pertanian.

teknologi pertanian Jepang
teknologi pertanian Jepang

Baca juga artikel lain di : http://panagiachrysopolitissa.com/

Hidroponik salah satu perkembangan dari pertanian Jepang yang dapat menghasilkan panen pada lahan yang terbatas. Pada negara jepang teknik hidroponik ini di lakukan untuk memanfaatkan lahan yang terbatas agar menghasilkan panen yang maksimal. Hidroponik ini menjadi salah satu terobosan baru bagi teknologi pertanian Jepang dalam mengembangkan negaranya. Adanya teknik penanaman baru ini, dapat menjadi pusat perhatian negara lain untuk mencontoh hasil temuan baru yang di miliki.

Dengan adanya hidroponik petani tidak menggunakan tanah sebagai media bercocok tanam. Hidroponik jenis penanaman yang banyak menggunakan air dan nutrisi dari buatan fotosintesis. Metode ini di lakukan tidak mempengaruhi hasil panen para petani bahkan bisa jadi melebihi dari yang di harapkan. Dengan hal ini kecanggihan dapat di lakukan karena adanya teknologi yang maju yang sangat menguntungkan petani.

Inilah Teknologi Pertanian Jepang yang Sangat Mengagumkan

High Pressure Sodium Vapor

Hidroponik ini menggunakan teknologi HPSV yang di gunakan membantu dalam proses penanaman tanpa media tanah. Teknologi ini menjadi pengganti sinar matahari untuk tanaman agar kebutuhan nutrisi tanaman terpenuhi. Hal ini sangat mempengarui hasil panen yang menghasilkan berlimpah dari penanaman secara konvensional. Selain itu hal ini dapat mengurangi tenaga kerja yang membutuhkan upah dari petani. Orang – orang bernggapan teknologi yang berkembang adalah masalah manusia tidak paham teknologi. Tetapi negara ini memanfaatkan bidang pertanian untuk mengembangkan teknologi pertanian Jepang yang berkembang.

Penggunaan Teknologi LED

Teknologi LED ini menjadi hal yang sudah populer di petani Jepang sebab sangat membantu dalam proses pengolahan lahan di dalam gedung terutama hidroponik. Jenis ini dapat membantu tanaman lebih cepat tumbuh karena bantuan sinar LED sebagai ganti sinar matahari. Kelembapan udara yang dapat mengatur suhu iklim sudah di desain sesuai dengan ruangan yang di gunakan. Penggunaan LED ini sudah menjadi hal yang tidak asing bagi para petani saat menanam secara hidroponik. Jenis teknologi petanian ini dapat berupa sayur dan buah yang hasilnya juga melimpah.

Penanaman Berbasis Komputer

Komputer saat ini sudah menjadi raja pada semua bidang terutama pertanian. Hal ini dapat di manfaatkan untuk mengendalikan suplai air ke lahan yang di tanami. Berbagai inovasi yang di ciptakan dapat memudahkan petani melakukan pekerjaan dalam proses pengolahan tanah. Tidak hanya dengan konvensional saja, tetapi berbasis komputer juga dapat menghasilkan produk – produk yang baik dan berkualitas. Proses menggunakan komputer yang melibatkan sistem pengontrol dengan basis seperti mikrokontroler menyebabkan teknologi pertanian Jepang semakin meningkat.

Penanam Padi Otomatis

Pada proses penanaman tidak perlu khawatir lagi dengan adanya bantuan mesin sudah teratasi masalah yang ada. Negara ini banyak menciptakan alat penanam padi bahkan satu mesin dapat 2 fungsi penanaman tanaman. Kelebihan menggunakan alat otomatis ini dapat menanam secara serentak agar menghasilkan panen yang maksimal. Contoh dari tekonologi jenis penanam padi otomatis ini biasanya di sebut rice transplantter. Petani di Jepang tidak hanya menanam sayur dan buah tetapi padi juga dapat di lakukan dengan hidroponik.

Itulah beberapa kecanggihan teknologi pertanian Jepang hidroponik yang mengagumkan. Penjelasan di atas dapat menjadi referensi untuk mengembangkan pertanian di dalam gedung di negara masing – masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.