SEO, Tips

4 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Menulis Artikel

4 Tips Membuat Artikel SEO Friendly – Membaca artikel di situs atau blog sudah bukan hal yang asing lagi di zaman sepertui saat ini. Orang-orang lebih suka membaca artikel di media online karena lebih singkat namun tetap padat informasi. Akan tetapi, dari ribuan artikel yang ada di jaringan internet, tidak semua artikel ternyata ramah dibaca. Tidak sedikit juga penulis yang masih terikat dengan pakem penulisan artikel di media cetak.

Artikel untuk situs dan blog yang berkualitas, selain dari segi penulisan yang mengikuti kaidah, juga harus SEO friendly. Enak dibaca dan bersahabat dengan mesin pencari. Percuma jika tulisan sudah sangat bagus tapi ternyata tidak muncul di halaman awal pencarian. Kebanyak para pembaca hanya akan membuka artikel yang terdapat pada halaman awal dan paling jauh dua, tiga halaman berikutnya. Supaya bisa membuat artikel yang SEO friendly maka perhatikan beberapa tips berikut ini.

Gunakan Keyword yang Sering Dicari

Pemilihan keyword yang akan digunakan untuk membuat artikel ini adalah langkah pertama dalam membuat artikel SEO friendly. Jangan sembarang memilih keyword juga karena keyword atau kata kunci yang dipilih harus sesuai dengan sasaran pembaca dan jenis situs atau blog tempat artikel akan diposting. Setiap blog dan situs memiliki segmen pembaca yang berbeda-beda sehingga kata kunci yang dicari pun tergantung segmen sasarannya.

Untuk bisa menemukan keyword yang memenuhi syarat SEO friendly maka bisa menggunakan bantuan pencari keyword. Pahami juga apa yang ingin dicari oleh pembaca atau pencari artikel supaya mampu menyuguhkan kata kunci yang tepat. Riset kata kunci menjadi hal yang sangat penting supaya bisa ramah dan sesuai dengan SEO. Pastikan juga data yang dimiliki untuk menulis artikel mampu menyaingi artikel-artikel yang pernah muncul di halaman depan.

Gunakan Keyword Sewajarnya

Ketika sudah mendapatkan keyword yang tepat dan memenuhi standar SEO, gunakan kata kunci tersebut dengan baik dan benar. Jangan sampai menempatkan kata kunci tersebut sebanyak-banyak hanya agar artikel yang dibuat muncul ke permukaaan. Atikel semacam itu sama sekali bukan artikel SEO friendly melainkan artikel yang ditulis dengan buruk. Itu justru akan menurunkan kualitas dari artikel yang dibuat.

Perlu diingat kembali bahwa artikel untuk situs dan blog yang baik, selain SEO friendly, artikel tersebut juga harus human friendly alias bisa dibaca dengan baik oleh pembacanya yang merupakan manusia. Ketika tulisan sudah selesai dibuat, baca kembali artikel yang sudah dibuat dan tempatkan diri sebagai pembaca. Apakah artikel tersebut sudah layak dan nyaman untuk dibaca atau tidak. Jika bahasa yang digunakan sudah manusiawi maka tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Memuaskan Pembaca/Pencari Artikel

Untuk melihat apakah artikel yang dibuat sudah memuaskan pembaca atau pencari artikel, penulis bisa melihat dari beberapa indikator. Indikator ini di antaranya lamanya waktu membaca dan juga seberapa sering artikel dibagikan. Semakin lama dan seringnya artikel dibaca serta sering dibagikan melalui media sosial lainnya maka artikel yang ditulis tersebut sudah memenuhi syarat sebagai artikel SEO friendly.

Manfaatkan Tautan Internal dan Eksternal

Supaya tulisan lebih meyakinkan dan pembahasan yang dibuat dalam artikel lebih jelas tidak ada salahnya memanfaat tautan atau link. Tautan itu bisa berasal dari situs atau blog sendiri, bisa juga tautan atau link yang mengarah ke situs atau blog lain. Selama pembahasannya masih sejalan dan relevan. Adanya tautan ini juga bisa meningkatkan lamanya waktu yang dihabiskan pembaca pada situs atau blog yang penulis miliki.

Dengan menggunakan tips penulisan artikel SEO friendly ini maka bisa dipastikan artikel yang dibuat akan muncul di halaman depan dan banyak memiliki pengunjung. Jaga selalu kualitas tulisan supaya tidak mengalami penurunan pengunjung dengan tetap tren bacaan. Jaga juga kualitas penulisan karena sepopuler apapun topik yang diangkat dan kata kunci mana pun yang digunakan, jika penulisannya berantakan maka tidak aka nada pembaca yang merasa nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Topik Populer untuk Menulis Artikel