SEO, Tips

Tips Memulai SEO Blog untuk Blogger Pemula

blogger

Tips Memulai SEO Blog untuk Blogger Pemula – Seorang blogger bisa dikatakan telah berhasil membangun blog yang ia kelola sendiri, jika blog tersebut mempunyai banyak pengunjung dan dapat memberikan rupiah pada Anda, namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan.

Untuk menjadikan kenyataan hal itu bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Hanya saja Anda perlu usaha yang lebih keras dan banyak jalan yang mesti dilalui, salah satunya melalui SEO. Menggunakan optimasi mesin pencarian membuat trafik pengunjung blog Anda naik dengan cepat. Blogger pemula sekalipun dapat mengandalkan SEO ini untuk hal tersebut.

Apabila Anda adalah new member di dunia blogging dan tak tahu bagaimana mengoptimalkan SEO blog, maka Anda dapat ikuti tips dengan mengikuti tahapanya yang  akan diurai di bawah ini.

Tahap pertama

Untuk memaksimalkan SEO sebelumnya Anda mesti memiliki blog. Membuat blog sangat mudah penyedia blog gratis pun banyak. Contohnya mywapblog, wordpress, blogspot, dan penyedia blog lainnya. Akan lebih baik jika Anda langsung membuat blog tersebut menggunakan domain pribadi seperti .Co, .id, .Com, .org.

Ketika blog Anda menggunakan domain pribadi Anda juga akan membeli hosting. Dengan hosting pribadi Anda mempunyai value tinggi dan dapat mengoptimasi dengan mudah. File-file host tersebut sepenuhnya menjadi hak milik Anda.

Tahap kedua

Pada bagian template blog gunakan yang seo friendly, pemilihan template ini dapat Anda pilih dari berbagai template yang tersedia di iternet. Di sana banyak penyedia template SEO blog friendly gratis, pilih salah satunya kemudian unduh template tersebut yang menurut Anda cocok untuk disematkan di blog Anda.

Perihal template bawaan ini agak berbeda dengan template modifikasi. Template yang sudah dimodifikasi biasanya struktur template blog seo friendly dan sesuai dengan yang sekiranya disukai mesin pencari, sehingga artikel dalam blog Anda diberikan posisi terbaik jadi mudah ditemukan pengunjung.

Tahap ketiga

Sebagai dasar utama blog setidaknya buatlah sedikitnya lima artikel. Buatlah artikel yang informatif, mudah dimengerti pembaca, artikel yang dibuat pun sebaiknya sesuai tema pada blog, dan tentunya berkualitas. Untuk panjang artikel, jika memungkinkan Anda buat seribu kata atau lebih setiap artikelnya. Dari hasil kajian serpIQ tentang SEO, artikel yang panjang 1500-2000 kata mendapatkan urutan terbaik dan bertahan lama di mesin pencari.

Tahap keempat

Daftar blog Anda ke berbagai mesin pencari seperti Bing, Yahoo, dan juga Google, tujuan memuat blog ke mesin pencari agar blog lebih cepat dan mudah dikenali oleh mesin pencari. Jika blog Anda belum diketahui bagaimana blog Anda dapat ditemukan oleh mesin pencari. Sebetulnya tanpa mendaftarkan blog, Google sendiri masih bisa menemukan blog Anda hanya saja butuh waktu sedikit lebih lama, hingga laman blog Anda dikenali mesin pencari.

Karena itu, lebih baik Anda daftarkan blog secara manual, bila telah berhasil daftar tak lupa pula submit sitemap blog Anda saat mendaftar. Dengan begitu, Anda bisa kontrol dan monitor aktivitas mesin pencari pada laman blog yang Anda kelola. Submit tiap URL artikel blog yang selesai Anda tulis dan publish ke Google Webmaster Tool.

Tahap kelima

Pelajari lebih dalam mengenai SEO agar dapat optimasi SEO offpage dan onpage lebih maksimal pada blog. Optimasi SEO ini merupakan bentuk upaya optimasi yang Anda berlakukan untuk internal blog. Dengan demikian blog Anda mudah ditemukan dan memiliki posisi terbaik di mesin pencari.

Itulah penjabaran perihal tips menerapkan SEO blog agar blog Anda mempunyai peringkat yang baik, sehingga banyak pembaca yang dapat menerima info yang Anda sajikan di blog tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Domain SEO untuk Kelancaran Bisnis Anda